Menu Tutup

Mendorong Keterlibatan Masyarakat Yogyakarta Konsumsi Minyak Sawit Berkelanjutan

Keberadaan organisasi nirlaba dunia, yaitu Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) telah berdiri selama hampir dua dasawarsa di dunia. Kiprah RSPO selama ini, telah mendorong banyak pihak terlibat mengonsumsi minyak sawit berkelanjutan. Menurut RSPO Deputy Director Market Transformation Indonesia, Mahatma Windrawan Inantha, penggunaan berbagai produk turunan minyak sawit berkelanjutan, dapat dilakukan secara bertanggung jawab.

“Saya menyambut    itikad baik dari PHRI Yogyakarta, untuk berkolaborasi bersama menggunakan produk minyak sawit berkelanjutan,” kata Windrawan kepada InfoSAWIT, Jumat (15/4/2023).

Menurutnya, keberadaan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, memiliki filosofi Memayu Hayuning Bawana yang berarti Manusia memiliki kewajiban untuk menjaga keharmonisan alam semesta dan tidak dapat lepas dari hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia maupun hubungan manusia dengan lingkungan alam.

RSPO mendukung penuh hal ini sebagai salah satu mitra strategis PHRI Yogyakarta untuk meningkatkan keberlangsungan industri pariwisata Yogyakarta yang berkelanjutan.

Sawit berkelanjutan pada industri hotel dan restoran Penggunaan produk-produk berbahan baku sawit dapat dengan mudah dijumpai pada sektor usaha ini. Hal tersebut terlihat pada penggunaan minyak goreng dan margarin dalam prosespembuatan makanan di restoran. Sementara sabun, sampo, maupun pasta gigi yang disediakan hotel juga menggunakan sawit sebagai bahan baku utamanya.

Transisi menuju penggunaan bahan baku berbasis sawit berkelanjutan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi provinsi Yogyakarta sebagai pelopor dalam penggunaan produk CSPO di industri pariwisata Indonesia yang memprioritaskan kelestarian lingkungan dan spek sosial dalam praktik bisnisnya.

Sumber: infosawit.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *